PRAKTEK PERKULIAHAN LANGSUNG
INSTRUMEN PENILAIAN
KINERJA GURU (IPKG) 1
DELAPAN
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
1. NAMA MAHASISWA :
2. NIM MAHASISWA :
3. PRODI :
3. SEKOLAH TEMPAT PPL :
4. KELAS :
5. MATA PELAJARAN : WAKTU :
7. TANGGAL :
|
Beri tanda cek (V) pada kolom nilai yang cocok dengan
pengamatan Anda.
No.
|
Keterampilan
|
Nilai
|
Tanggal
|
|||
K
|
S
|
B
|
BS
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Membuka
dan menutup pelajaran
Menjelaskan
Bertanya
Memberi
Penguatan
Mengadakan
variasi
Mengelola
kelas
Membimbing
diskusi kelompok kecil
Mengajar
kelompok kecil
|
Lulus
KDM tanggal : ................................
Keterangan
:
1. K =
Kurang S = Sedang B = Baik BS = Baik Sekali
2. Amati
paling banyak tiga keterampilan (sesuai perjanjian dengan mahasiswa Praktek)
setiap kali pengamatan.
INSTRUMEN PENILAIAN
KINERJA GURU (IPKG) 2
Perencanaan Pembelajaran
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran yang akan digunakan oleh Mahasiswa praktek ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang
terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di
bawah ini.
1. Merumuskan tujuan pembelajaran 1 2 3 4
1.1
Merumuskan kompetensi dasar/ indikator
hasil belajar
1.2 Merancang dampak pengiring berbentuk
kecakapan hidup (life skill)
Rata-rata butir 1 = A
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi,
media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1
Mengembangkan dan mengorganisasikan
materi pembelajaran
2.2
Menentukan dan mengembangkan
media pembelajaran
2.3
Memilih
sumber belajar
Rata-rata
butir 2 = B
3. Merencanakan
skenario kegiatan pembelajaran
3.1
Menentukan jenis kegiatan
pembelajaran
3.2
Menyusun
langkah-langkah
pembelajaran
3.3
Menentukan
alokasi waktu
pembelajaran
3.4
Menentukan cara-cara
memotivasi siswa
3.5
Menyiapkan pertanyaan
Rata-rata
butir 3 = C
4. Merancang
pengelolaan kelas
4.1
Menentukan
penataan latar pembelajaran
4.2
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa
agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan
pembelajaran
Rata-rata
butir 4 = D
5. Merencanakan prosedur, jenis,
dan
menyiapkan alat penilaian
5.1
Menentukan
prosedur dan jenis penilaian
5.2
Membuat alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata
butir 5 = E
6. Tampilan
dokumen rencana pembelajaran
6.1
Kebersihan
dan kerapian
6.2
Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata
butir 6 = F
Nilai
IPKG I = R
A + B
+ C + D + E + F
R = =
6
|
Pamong/ Penguji
_________________
INSTRUMEN PENILAIAN
KINERJA GURU (IPKG) 3
Pelaksanaan Pembelajaran
PETUNJUK
1.
Amatilah dengan cermat
kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.
Pusatkan perhatian Anda
pada kemampuan Mahasiswa praktek dalam mengelola kegiatan
pembelajaran, serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru
tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus
dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata
pelajaran yang sedang diajarkan.
5. Nilailah calon guru sesuai aspek kemampuan berikut.
1.
Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran.
1 2 3 4
1.1
Menyiapkan alat, media,
dan sumber belajar.
1.2 Melaksanakan tugas harian kelas
Rata-rata butir 1 = P
2.Melaksanakan kegiatan pembelajaran
2.1
Memulai kegiatan pembelajaran
2.2
Melaksanakan jenis kegiatan yang
sesuai
dengan tujuan, siswa, situasi,
dan
lingkungan
2.3
Menggunakan alat bantu (media)
pembelajaran
yang sesuai dengan
tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan
2.4
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
dalam urutan yang logis
2.5
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
Secara individual, kelompok, atau klasikal
2.6
Mengelola waktu pembelajaran
secara
efisien
Rata-rata
butir 2 = Q
3.
Mengelola interaksi kelas
3.1
Memberi petunjuk dan penjelasan
yang berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2
Menangani pertanyaan dan
respon siswa
3.3
Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,
isyarat dan gerakan badan
3.4
Memicu dan memelihara keterlibatan
siswa
3.5
Memantapkan penguasaan materi
pembelajaran
Rata-rata butir 3 = R
4. Bersikap
terbuka dan luwes serta membantu
mengembangkan
sikap positif siswa terhadap belajar.
4.1
Menunjukkan sikap ramah,
hangat, luwes, terbuka, penuh
pengertian, dan sabar kepada siswa
4.2
Menunjukkan kegairahan mengajar
4.3
Mengembangkan hubungan antar-
pribadi yang sehat dan serasi
4.4
Membantu siswa menyadari
kelebihan dan kekurangannya
4.5
Membantu siswa menumbuhkan
kepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = S
2. Mendemonstrasikan kemampuan khusus
dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu
5.1
Mencapai tujuan komunikatif yang
diinginkan
5.2
Memiliki unsur makna dalam
urutan
logis
5.3
Menggunakan unsur-unsur kabahasaan
yang
tepat
5.4
Menerapkan pembentuk wacana,
Sosiokultutaldan strategi komunikatif
secara tepat
Rata-rata butir 5 = T
6. Melaksanakan
evaluasi proses dan
hasil belajar
6.1
Melaksanakan penilaian selama
proses pembelajaran
6.2
Melaksanakan penilaian pada
akhir pembelajaran
Rata-rata
butir 6 = U
7. Kesan umum kinerja guru/ calon guru
7.1
Keefektifan
proses pembelajaran
7.2
Penggunaan bahasa Indonesia tepat
7.3
Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
7.4
Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 7 = V
Nilai
IPKG II = R
P + Q + R + S + T
+ U + V
R =
=
7
|
LEMBAR
PENILAIAN LAPORAN
A. Laporan Pembelajaran
|
||
Komponen
|
Nilai***)
|
|
1
|
Format Penulisan
|
|
2
|
Latar
Belakang
|
|
3
|
Bahasan
(Proses Pembelajaran)
|
|
4
|
Kesimpulan
dan Saran
|
|
5
|
Lampiran
(AMP, SP, RP/RPP, dan sebagainya)
|
|
Rata-rata
|
||
B. Laporan Studi Kasus
|
||
Komponen
|
Nilai***)
|
|
1
|
Format
Penulisan
|
|
2
|
Masalah
(kasus yang diangkat)
|
|
3
|
Pembahasan
/ pemecahan masalah
|
|
4
|
Bahan
/ referensi
|
|
5
|
Kesimpulan
dan Saran
|
|
Rata-rata
|
||
***) Rentang Nilai : 1 - 5
|
NILAI
AKHIR (NA) PPL
V : Rata-rata Nilai IPKG-1 : .....................................
W : Rata-rata Nilai IPKG-2 : .....................................
X : Rata-rata Nilai IPKG-3 : .....................................
Y : Rata-rata Nilai Laporan Pembelajaran : .....................................
Z : Rata-rata Nilai Laporan Studi Kasus : .....................................
Rumus
Nilai Akhir :
(V) + (2 x W) + (4 x X) + (Y) + (2 x Z)
NA =
10
=
............... (ANGKA) = ............. (HURUF)
Konversi IPKG-1 :
BS : 5 S : 3
B : 4 K : 2
Konversi
angka ke huruf :
Nilai angka Nilai huruf
4,50 – 5,00 A
3,50 – 4,49 B
2,50 – 3,49 C
1,50 – 2,49 D
0,00 – 1,49 E
|
Pekanbaru, .......................................2015
Dosen Pembimbing, Guru Pamong,
(.........................................) (.......................................) NIP NIP
Mengetahui/menyetujui :
Kepala Sekolah
(...........................................)
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar