Selasa, 29 September 2015

BLANKO PENILAIAN PPL



PRAKTEK PERKULIAHAN LANGSUNG
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU (IPKG) 1
DELAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

1.     NAMA MAHASISWA                                                 :   
2.     NIM MAHASISWA                                                     :   
3.     PRODI                                                                         :  
3.     SEKOLAH TEMPAT PPL                                           :  
4.     KELAS                                                                        :   
5.     MATA PELAJARAN                                                   :            WAKTU                                                                      :   
7.     TANGGAL                                                                  :  


 









Beri tanda cek (V) pada kolom nilai yang cocok dengan pengamatan Anda.
No.
Keterampilan
Nilai
Tanggal
K
S
B
BS
1
2
3
4
5
6
7
8
Membuka dan menutup pelajaran
Menjelaskan
Bertanya
Memberi Penguatan
Mengadakan variasi
Mengelola kelas
Membimbing diskusi kelompok kecil
Mengajar kelompok kecil






Lulus KDM tanggal : ................................
Keterangan :
1.     K = Kurang           S = Sedang            B = Baik                BS = Baik Sekali
2.     Amati paling banyak tiga keterampilan (sesuai perjanjian dengan mahasiswa Praktek) setiap kali pengamatan.

                                                                                                                       




INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU (IPKG) 2
 Perencanaan Pembelajaran

 

PETUNJUK

Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh Mahasiswa praktek ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
1.     Merumuskan tujuan pembelajaran                                       1              2              3              4
1.1   Merumuskan kompetensi dasar/ indikator
        hasil belajar
1.2   Merancang dampak pengiring berbentuk
        kecakapan hidup (life skill)
                                                                                                       Rata-rata butir 1 = A
2.     Mengembangkan dan mengorganisasikan materi,
        media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1          Mengembangkan dan mengorganisasikan
materi pembelajaran
2.2          Menentukan dan mengembangkan
media pembelajaran
2.3          Memilih sumber belajar                                                                
                                                                                                                    Rata-rata butir 2 = B
3.     Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
3.1          Menentukan jenis kegiatan
pembelajaran
3.2          Menyusun langkah-langkah
pembelajaran
3.3          Menentukan alokasi waktu
pembelajaran
3.4          Menentukan cara-cara
memotivasi siswa
3.5          Menyiapkan pertanyaan

                                                                                                      Rata-rata butir 3 = C

4.     Merancang pengelolaan kelas
4.1          Menentukan penataan latar pembelajaran
4.2          Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa
agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan
pembelajaran
                                                                                                              Rata-rata butir 4 = D
5.     Merencanakan prosedur, jenis,
        dan menyiapkan alat penilaian
5.1          Menentukan prosedur dan jenis penilaian
5.2          Membuat alat penilaian dan kunci jawaban

                                                                                                              Rata-rata butir 5 = E
6.     Tampilan dokumen rencana pembelajaran
6.1          Kebersihan dan kerapian
6.2          Penggunaan bahasa tulis


                                                                                                              Rata-rata butir 6 = F
Nilai IPKG I = R
           
         A + B + C + D + E + F
R  =                                             =
                           6
                                                                                                                           
Pamong/ Penguji
                                                                                                                           
                    _________________
                   





INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU (IPKG) 3

Pelaksanaan Pembelajaran



PETUNJUK

1.       Amatilah dengan cermat kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.       Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan Mahasiswa praktek dalam mengelola kegiatan pembelajaran, serta dampaknya pada diri siswa.
3.     Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4.     Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
5.     Nilailah calon guru sesuai aspek kemampuan berikut.

1.   Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran.
                                                                                                                1              2              3              4
1.1          Menyiapkan alat, media,
dan sumber belajar.
1.2      Melaksanakan tugas harian kelas
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Rata-rata butir 1 = P
2.Melaksanakan kegiatan pembelajaran
2.1          Memulai kegiatan pembelajaran
2.2          Melaksanakan jenis kegiatan yang
            sesuai dengan tujuan, siswa, situasi,
dan lingkungan
2.3          Menggunakan alat bantu (media)
            pembelajaran yang sesuai dengan
            tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan        
2.4          Melaksanakan kegiatan pembelajaran
dalam urutan yang logis
2.5          Melaksanakan kegiatan pembelajaran
Secara individual, kelompok, atau klasikal
2.6          Mengelola waktu pembelajaran
            secara efisien
                                                                                                               
                                                                                                                Rata-rata butir 2 = Q
3.  Mengelola interaksi kelas
3.1          Memberi petunjuk dan penjelasan
yang berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2          Menangani pertanyaan dan
respon siswa
3.3          Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,
isyarat dan gerakan badan
3.4          Memicu dan memelihara keterlibatan
siswa
3.5          Memantapkan penguasaan materi
pembelajaran
                                               
Rata-rata butir 3 = R
4.     Bersikap terbuka dan luwes serta membantu
        mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar.
4.1          Menunjukkan sikap ramah,
hangat, luwes, terbuka, penuh
pengertian, dan sabar kepada siswa
4.2          Menunjukkan kegairahan mengajar
4.3          Mengembangkan hubungan antar-
pribadi yang sehat dan serasi
4.4          Membantu siswa menyadari
kelebihan dan kekurangannya
4.5          Membantu siswa menumbuhkan
kepercayaan diri
                                                                                                                Rata-rata butir 4 = S
2.       Mendemonstrasikan kemampuan khusus
dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu
5.1          Mencapai tujuan komunikatif yang
diinginkan
5.2          Memiliki unsur makna dalam urutan
logis
5.3          Menggunakan unsur-unsur kabahasaan
yang tepat
5.4          Menerapkan pembentuk wacana,
 Sosiokultutaldan strategi komunikatif
 secara tepat
                                                                                                              Rata-rata butir 5 = T                    

6.  Melaksanakan evaluasi proses dan
hasil belajar
6.1          Melaksanakan penilaian selama
proses pembelajaran
6.2          Melaksanakan penilaian pada
akhir pembelajaran
Rata-rata butir 6 = U

7.  Kesan umum kinerja guru/ calon guru
7.1          Keefektifan proses pembelajaran
7.2          Penggunaan bahasa Indonesia tepat
7.3          Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
7.4          Penampilan guru dalam pembelajaran

                                                                                                             
                                                                                                              Rata-rata butir 7 = V

Nilai IPKG II = R
           
            P + Q + R + S + T + U + V
R  =      =
                             7
 








LEMBAR PENILAIAN LAPORAN


A. Laporan Pembelajaran
Komponen
Nilai***)
1
Format Penulisan

2
Latar Belakang

3
Bahasan (Proses Pembelajaran)

4
Kesimpulan dan Saran

5
Lampiran (AMP, SP, RP/RPP, dan sebagainya)

Rata-rata




B. Laporan Studi Kasus

Komponen
Nilai***)
1
Format Penulisan

2
Masalah (kasus yang diangkat)

3
Pembahasan / pemecahan masalah

4
Bahan / referensi

5
Kesimpulan dan Saran

Rata-rata


***) Rentang Nilai : 1 - 5











































NILAI AKHIR (NA) PPL

V    :    Rata-rata Nilai IPKG-1                            :  .....................................
W   :    Rata-rata Nilai IPKG-2                            :  .....................................
X    :    Rata-rata Nilai IPKG-3                            :  .....................................
Y    :    Rata-rata Nilai Laporan Pembelajaran  :             .....................................
Z    :    Rata-rata Nilai Laporan Studi Kasus   :  .....................................
                                                                                    

Rumus Nilai Akhir :

             (V) + (2 x W) + (4 x X) + (Y) + (2 x Z)
  NA =                                                                                      
                                      10

       = ...............   (ANGKA)    = ............. (HURUF)    

Konversi IPKG-1 :
BS       :   5                                  S          :   3
B         :   4                                  K         :   2
Konversi angka ke huruf :
Nilai angka        Nilai huruf
4,50 – 5,00                 A
3,50 – 4,49                 B
2,50 – 3,49                 C
1,50 – 2,49                 D
0,00 – 1,49                 E
 



      









Pekanbaru,  .......................................2015

                       Dosen Pembimbing,                                                               Guru Pamong,





                 (.........................................)                                              (.......................................)                    NIP                                                                                    NIP                                                                                                                                                                 




                                                                        Mengetahui/menyetujui :
                                                                            Kepala Sekolah





                                                                    (...........................................)
                                                                    NIP. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar